photo web_zpsfdf42edb.jpg
Saturday 26 April 2014

15:18
2
Rembang - 30 Maret 2014 Situs budaya Argo Puro atau sering disebut dengan Gunung Lasem merupakan sebuah gunung yang terdapat di bagian tengah Kabupaten Rembang membujur mulai dari pegunungan Kapur Utara di bagian selatan hingga ke pesisir pantai Utara di sebelah utara. Gunung dengan ketinggian 806 meter dpl ini sebagian besar berada di wilayah kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Jawa TengahDan meliputi beberapa kecamatan seperti SlukeKraganSedanPamotan dan Pancur.
Minggu Sore pukul 16.00 WIB Bambang Prayoga sudah menunggu kedatangan rekan-rekan Keluarga Besar Rembang Semarang (KBRS) A. Qorib, Hasim  Rangga F, Riyan dan Irul di desa ngroto. Setelah semua team berkumpul tak lupa mengisi buku tamu sekaligus mengisi perut dan menghangatkan tubuh dengan secangkir kopi di warung dekat pos pendakian rumah mbah boo, itu sebutan yang sering para pendaki lontarkan kepada sosok orang tua yang berumur 89 tahun itu, “dulu ada seekor katak yang aneh, apabila bersendawa selalu mengeluarkan kata – kata roto roto roto” ujar beliau. Dari cerita katak tersebut akhirnya desa yang berada dikaki gunung argo ini dinamakan desa ngroto.

Sebelum memulai ekspedisi tak lupa singgah dulu dimasjid dekat pos kaki gunung, masih terletak didesa ngroto untuk menunaikan sholat isya’ terlebih dahulu sembari memohon keselamatan dalam pendakian. gunung lasem atau argopuro sebenenarnya belum terkategorikan sebagai gunung karena tinggi dari permukaan laut masihlah kurang, hal serupa juga disebutkan pendaki lain bahwasannya gunung lasem atau argopuro itu masih relatif pendek untuk ukuran gunung yang sebenarnya, lebih tepatnya bisa disebut pegunungan untuk dataran tinggi seperti ini, akan tetapi medan dan jalur pendakian yang masih sangat alami dan ekstrim di gunung lasem ini yang membuat para pendaki merasa tertantang untuk menakhlukkannya.
Untuk mencapai puncak Argopuro, rute pendakian yang biasa dilalui adalah melalui desa Nyode, kecamatan Pancur Kabupaten Rembang. Dari sini, masih bisa ditempuh dengan kendaraan roda 4 hingga ke desa terakhir. Di desa terakhir yang juga merupakan pos pendakian terakhir dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama lebih kurang 3 jam.
Puncak tertinggi dari gunung Lasem adalah puncak Argopuro. Puncak ini banyak dikunjungi oleh para pendaki gunung dari wilayah Rembang, Pati, Blora dan Tuban utamanya pada akhir pekan dan masa liburan. Meski tidak terlalu tinggi, namun dari atas puncak Argopuro, bisa leluasa memandang laut Jawa di sebelah utara, kota Lasem, kota Rembang dan gunung Muria di sebelah barat. Sedang di arah selatan terlihat puncak gunung Lawu.

2 comments:

  1. Pengalaman yang sensasional... perlu di lestarikan keasrian alam rembang yang begitu mempesona. Tulisan yang menarik kawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yok bareng" turut mempublikasikan potensi2 kota rembang

      Delete